enid
Home » News » Jenis-Jenis Baja Ringan yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-Jenis Baja Ringan yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis baja ringan – Baja ringan ini merupakan baja yang terbuat dari bahan dasar carbon steel, carbon steel ini sendiri adalah baja yang terdiri dari elemen-elemen yang prosesentase maksimum yaitu 1,70% carbon, 1,65 manganese, 0,60% silicon, 0,060% copper. carbon ini merupakan unsur kimia dengan nomor atom 6, tingkat oksidasi 4,2 untuk mangan merupakan unsur kimia nomor atom 25 dengan tingkat oksidasi 7.6423.

Jenis-Jenis Baja Ringan

Baja ringan yang sangat umum di gunakan yaitu adalah bentuk canal atau C dan Omega. semua bentuk tersebut dapat di gunakan untuk penyusun kontruksi baja ringan dengan kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Bentuk tersebut di anggap sebagai profil baja ringan. profil C ini adalah jenis profil tertua dan paling banyak di gunakan.

Jenis-Jenis Baja Ringan

Untuk penampang profil sebenarnya sudah di gunakan pada jenis baja konvensional jauh sebelum istilah baja ringan hadir. pada profil C ini memiliki kelebihan utamanya yaitu adalah pada saat di gabungkan du aprofil C yang saling berhadapan dan jika di satukan akan menjadi kotak. Nah berikut ini merupakan jenis-jenis dari baja ringan yang perlu anda ketahui :

  • Zincalume stell

Baja jenis ini merupakan salah satu baja yang mengandung logam campuran 55% aluminium dan juga 45% seng dengan kelas coating AZ 150 yang di proses dengan teknologi tinggi, nah dengan komposisi yang akurat dan juga teknologi yang tinggi tentu membuat baja jenis ini mampu memberikan perlindungan dari korosi.

Zincalume steel ini di produksi melalui proses baja celup panas atau hot dipping secara kontinyu pada posisi temperatur tertentu baja ini akan mengko,binasikan sifat-sifat utama logam baja yaitu seperti kekuatan dari baja, ketahanan terhadap temperatur tinggi dari aluminium.

  • Baja Galvanis

Baja jenis ini merupakan istilah dari beberapa referensi yang menyebutkan bahwa baja ini di proses dengan mengaplikasikan pelapisam seng pelindung pada baja sebagian referensi juga menyebutkan bahwa baja galvanis inimerupakan istilah dari baja ringan yang di beri lapisan seng atau zinc. untuk galvanis finishingnya terdiri dari 98% unsur coating yaitu adalah seng atau zink dan 2% nya merupakan unsur aluminium.

lapisan tersebut di tujukan untuk dapat mencegah korosi galvanik yang berkarat dan istilah tersebut di ambil dari nama seorang ilmuwan yang berkebangsaan italia yaitu luigi galvani. Galvanisasi yang di akhiri dengan sebutan galvanis ini melibatkan proses elektrodeposisi dan juga elektrokimia, metode yang paling lazim di gunakan pada saat ini yaitu adalah hot dipgalvanisasi yang mana pada bagian-bagian baja tersebut di rendam dalam bak seng cair.

Nah walaupun terdapat proses pelapisan zinc pada baja galvanis ini, pada tempo satu tahun biasanya akan tetap timbul karat akan tetapi karat yang di hasilkan memiliki warna putih.

  • Galvalum Stell

Galvalum stell ini terlihat pada material baja dengan pelapisan yang memiliki unsur aluminium dan juga zinc yangterdiri dari 55% unsur coatingnya yaitu adalah aluminium 43,5% dan unsur zink dan 1,5% unsur silikon.

Material baja ringan galvalum iniyang paling populer di sebut dengan zincalume, salah satu merek dagang bluescope steel ltd dari perusahaan pioneer produsen baja ringan dengan lapisan zinc dan juga aluminium. baja jenis ini memiliki sifat tahan terhadap karat dengan di kombnasikan zinc yang keras dan membuat baja ini menjadi lebih kuat dan lebih ringan di bandingkan galvanis.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis-jenis baja ringan, semoga informasi yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat banyak untuk anda, jika di sini anda sedang membutuhkan baja ringan tersebut maka anda dapat menghubungi kami segera melalui kontak di bawah ini :

Contact Us

Office:

Alamat : Komplek Ruko Grand Wisata, Pintu Selatan Area Pasar Modern
Blok APR-6 No. 023, Lambangsari, Tambun Selatan, Bekasi 17510
Telp : 021 – 29080106 Fax. 021 – 29080106,
Email : cruzindo_utama@yahoo.co.id  , FB: Cruzindo Utama

Greetings to Build – PT. Cruzindo Utama –  Building Construction Service

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !!