enid
Home » News » Apa Itu ISO Dan Apasih Manfaatnya Bagi Perusahaan

Apa Itu ISO Dan Apasih Manfaatnya Bagi Perusahaan

Apa itu iso – Saat ini memang sudah banyak perusahaan yang telah menerapkan ISO (International Organization for Standardization), namun tidak sedikit juga yang belum mengetahui apa itu ISO. Dalam dunia industri dan komersial standarisasi sangat penting dilakukan dengan tujuan memajukan perdagangan antar negara-negara di dunia. Penting bagi perusahaan untuk mengetahui tentang ISO, mulai dari pengertian, manfaat dan jenisnya.

Dan inilah mengapa artikel ini hadir yang tentunya kami akan membahas mengenai apa itu ISO. kami harap artikel ini dapat membantu anda agar bisa lebih mengetahui mengenai apa itu ISO.

Apa itu iso 1

Jadi Apa Itu ISO?

ISO sendiri adalah nama dari sebuah organisasi yang bertanggung jawab dalam menetapkan standar-standar internasional dan bertujuan untuk memberikan kemajuan bagi perusahaan. Organisasi atau Lembaga ISO ini merupakan wakil-wakil dari standar nasional setiap negara untuk menjamin mutu. Dengan demikian jika sebuah perusahaan ingin bersaing secara internasional maka wajib menerapkan standarisasi ISO pada perusahaan.

Organisasi ISO sendiri berdiri sejak 23 Februari 1947, yang merupakan organisasi non pemerintah yang sangat berpengaruh dalam manajemen mutu. Dalam kenyataannya ISO bahkan memiliki hubungan yang kuat dengan pihak-pihak pemerintah karena badan standarisasi nasional termasuk anggota ISO.

Selain Apa Itu ISO Ada Juga Manfaat Penerapan ISO?

Banyak manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan jika memutuskan menerapkan ISO dalam menjalankan perusahaannya. Mengacu pada pengertian apa itu ISO maka manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan adalah:

  1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

The-Importance-of-Employee-Training-in-Your-Company-2

Sebuah perusahaan yang menerapkan ISO untuk menetapkan sistem manajemen mutu di dalam semua proses maka akan terjamin kredibilitasnya. Hal itu karena dengan menerapkan ISO berarti perusahaan telah memiliki standari yang baik dalam setiap proses usahanya.

Konten Menarik Lainnaya :  Kelebihan Konstruksi Baja Yang Membuat Bangunan Anda Lebih Aman

Inilah yang akan meningkatkan kredibilitas sebuah perusahaan di mata dunia dan akan menghasilkan nilai positif berupa kepuasan konsumen.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

How-To-Improve-Employee-Discipline-2

Selain kepuasan yang meningkat kepercayaan konsumen juga ikut meningkat seiring dengan hal tersebut. Bagi sebuah perusahaan kepercayaan konsumen adalah hal yang paling penting bagi perusahaan. Jika sebuah perusahaan telah mendapatkan kepercayaan maka masa depan perusahaan tersebut akan terjamin. Konsumen tidak akan beralih atau berpindah ke perusahaan lainnya jika sudah memiliki kepercayaan pada sebuah perusahaan.

  1. Mutu Sesuai Standar Internasional

Penerapan ISO memang pilihan yang tepat bagi sebuah perusahaan yang ingin menjalankan usaha sesuai standar internasional. Dengan menerapkan standar ISO barulah sebuah perusahaan akan memiliki sertifikasi standarisasi ISO.

Standarisasi ISO sendiri diterapkan melalui sebuah siklus dalam semua proses di perusahaan. Siklusnya dimulai dari proses identifikasi, analisis dan eksekusi penyelesaian sebuah masalah untuk menjamin mutu. Dengan demikian semua proses yang dilakukan dalam perusahaan pasti terstandar secara internasional.

  1. Menghemat Beban Biaya Perusahaan

Dengan adanya standarisasi maka kinerja sebuah perusahaan akan terkontrol dengan baik. Semua prosesnya bisa dilihat dan dikendalikan dengan baik caranya adalah membandingkannya dengan standar.

Jika ditemukan kejanggalan pada proses produksi seperti penurunan produksi, kegagalan produksi maka bisa segera diatasi atau diantisipasi sebelumnya. Proses standarisasi secara tidak langsung bisa mencegah pemborosan pengeluaran biaya akibat kinerja yang tidak baik atau produk yang gagal.

  1. Memaksimalkan Kinerja Karyawan

Dengan adanya ISO maka kinerja karyawan akan maksimal karena harus menerapkan sistem manajemen mutu dalam setiap kegiatannya. Hal tersebut akan membuat karyawan termotivasi untuk menjaga kualitas pekerjaannya guna memenuhi tuntutan mutu perusahaan.

Karyawan akan selalu menjaga efisiensi kinerja serta produktivitas pekerjaan sesuai dengan standar ISO perusahaan. Jadi secara tidak langsung penerapan ISO akan memaksimalkan kinerja karyawan sebuah perusahaan.

Konten Menarik Lainnaya :  Kontraktor Baja Terpecaya dan Harga Terjangkau

Lihatlah video menarik berikut ini :

Maka Itulah beberapa manfaat penerapan ISO bagi sebuah perusahaan industri dan komersial. Bisa dipastikan perusahaan akan lebih mudah menghadapi pasar global jika sudah mengetahui apa itu ISO dan menerapkannya. Pilihlah standar ISO yang tepat untuk perusahaan yang dijalankan maka perusahaan tersebut akan jauh lebih baik di mata konsumen dan dunia.

Contact Us :

Office:

Komplek Ruko Grand Wisata, Pintu Selatan Area Pasar Modern
Blok APR-6 No. 023, Lambangsari, Tambun Selatan, Bekasi 17510
Telp. 021 – 29080106 Fax. 021 – 29080106,
Email: cruzindo_utama@yahoo.co.id  , FB: Cruzindo Utama

Greetings to Build – PT. Cruzindo Utama –  Building Construction Service

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !!